Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman
dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan
proses, cara, perbuatan program.
Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.
Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.
Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide
web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini
internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW
adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya
(hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . WWW berjalan dengan
protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). Halaman Web merupakan file teks
murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/ dilihat/
diterjemahkan dengan Internet Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text,
gambar, audio, video dan animasi. Kini internet identik dengan web, karena
kepopuleran web sebagai standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di
internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk
komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi
binsin (commerce) (Betha Sidik,Ir, Pemrograman web dengan HTML, Informatika
Bandung, 2005) Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi berbasis Web dari
pada aplikasi berbasis destop, sehingga aplikasi berbasis web telah diadopsi
oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena
beberapa alasan :
Akses informasi mudah,
Baris isi
Setup server lebih mudah
Baris isi
Informasi mudah didistribusikan
Baris isi
Bebas platform, informasi dapat di sajikan oleh browser web
pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data
dapat disajikan
Baris isi
HTTP
HTTP (HyperTextTransfer Protocol) adalah protokol yang
dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW). Protokol ini
adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan
berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium
World Wide Web(W3C) dan grup bekerja Internet Engineering Task Force(IETF),
bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang
menjelaskan HTTP/1,1, versti HTTP yang digunakan umum sekarang ini. HTTP adalah
sebuah protokol meminta/menjawab antara clientdan server. Sebuh client HTTP
seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan
TCP/IPke porttertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server
HTTP yang mendengarkan diport tersebut menunggu client mengirim kode permintaan
(request), seperti "GET / HTTP/1.1" (yang akan meminta halaman yang
sudah ditentukan), diikuti dengan pesan MIMEyang memiliki beberapa informasi
kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan
badan dari data tertentu. Beberapa kepala (header) juga bebas ditulis atau
tidak, sementara lainnya (seperti tuan rumah) diperlukan oleh protokol
HTTP/1,1. Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server
mengirim kembali kode jawaban, seperti "200 OK", dan sebuah pesan
yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya.
Sejarah Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam
WWW pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi
0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya
adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa
memandang tipe dari dokumen. Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki
menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen
yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data
dokumen. Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999
dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang
persisten.
PERBEDAAN WEB 1.0, WEB 2.0 dan WEB 3.0
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.
Web 3.0 / Semantic Web
Waaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Waaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Mungkin ini
beberapa referensi ciri khas dari web 3.0
• Transformation
dari tmp penyimpanan yang bersifat terpisah pisah menjadi satu.
• Ubiquitous
connectivity, memungkinkan info diakses di berbagai media.
• Network
computing, software-as-a-service business models, Web services
interoperability, distributed computing, grid computing and
cloud
computing;
• Open
technologies, sebagian besar semuanya berjalan dalam platform open source /
free.
• Open identity,
OpenID, seluruh info adalah bebas dan sebebas – bebasnya.
• The
intelligent web, Semantic Web technologies such as RDF, OWL, SWRL, SPARQL,
GRDDL, semantic application platforms, and statement-
based
datastores;
• Distributed
databases, database terdistribusi dalam WWD ( World Wide Database ).
• Intelligent
applications.
letak perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0 yaitu :
1. Perilaku
pengguna Membaca Menulis
2. Pelaku utama
Perusahaan Pengguna/Komunitas
3. Hubungan
dengan server Client-server Peer to peer
4. Bahasa
pemrograman penampil konten HTML XML
5. Pola hubungan
penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif
6. Pengelolaan
konten Taksonomi/direktori Folksonomi/penanda/tag
7. Penayangan
berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi
8. Hubungan antar
pengakses Tidak ada Berjejaring
9. Sumber konten
Penerbit/pemilik situs Pengguna
Izin Copas Om.. :D
Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!
(y) sangat bermanfaat,, thanks bro,, (y)
Terima kasih ...
By. Abtista Blog
By. Abtista Blog
Saya biasanya pakek PHP gan buat pemrograman web :) makasih
Izin Copas dong gan
izin copas min :v
ship dah.
Terima Kasih yaa.. :)
Izin copas minn ,, sangat bermanfaat thnx (y)
Langganan: Entri
(Atom)
welcome
To my Blog
Mengenai Saya
Musik
|
Arsip Blog
Maret 2012
(1)
April 2012
(1)
|
|
Diberdayakan oleh Blogger.
g
o
l
b
y
m
o
t
e
m
o
c
l
Tidak ada komentar:
Posting Komentar